Perhitungan Gaji Anak Hotel

Bicara masalah gaji, postingan ini ditulis khusus untuk teman-teman yang baru graduate dan belum ada gambaran kira-kira berapa sih gaji kita kalau kerja di hotel? Tidak cuma buat fresh graduate nih, mungkin teman-teman lain ada yang berminat mencoba peruntungan di hospitality industry, berikut aku jabarkan.

Ini khusus untuk gaji karyawan biasa ya, kawan. Bukan casual/daily worker, level supervisor atau manajerial.

Sistem gaji di hotel-hotel pada umumnya meliputi gaji pokok/basic salary dan uang service/service charge. Nah, apa sih basic salary dan service charge itu?

Pengertian dari basic salary adalah gaji pokok yang mengikuti Upah Minimum Regional (UMR) masing-masing daerah. Ingat ya, UMR tiap daerah itu berbeda-beda. Aku ambil contoh di Bali. Walaupun Bali bisa dibilang gerbang destinasi terbesar datangnya turis-turis mancanegara, tapi UMR di sana terbilang kecil. Aku ambil angka tertinggi di Kabupaten Badung sebesar IDR 2.299.311 (UMR per 2017). Bandingkan dengan UMR di Jakarta yang berkisar IDR 3.355.750 (UMR per 2017). Lumayan jauh kan? Tapi kita gak bakal bahas besar dan kecilnya dulu.

Lanjut ke service charge. Service charges adalah uang pelayanan yang kita peroleh dari hasil penjualan. Kalau teman-teman pernah check-in atau makan di restoran, pernah tidak perhatikan struk/bill tagihannya? 11% pajak pemerintah dan 10% untuk service. Nah, 10% inilah bayaran tambahan untuk anak-anak hotel. Aku sih bilangnya upah senyum cantik.

Beneran lho. Kita senyum saja dibayar. Makanya anak-anak hotel itu pada ramah-ramah. Itu karena kita dibayar guysssss.

Masih bingung sama upah 10% ini? Tenang, tenang, aku kasih rinciannya biar makin jelas. Wong aku juga awal-awal gak mudeng kok.

Hotel Grand Westin punya karyawan 100 orang. Harga kamar untuk 1 malamnya IDR 500.000++.

Mbak Rit, itu kenapa lagi ada dua tanda tambah di ujung angka nolnya?

Eit, dua tanda tambah di ujung itu dibacanya plus-plus. Bukan pijit plus-plus ya. Yang artinya belum termasuk pajak pemerintah dan service. So, dikali saja 21% maka hasil yang didapat sebesar IDR 605.000nett.

Harga kamar : IDR 500.000
Pajak pemerintah (11%) : IDR 55.000
Service (10%) :  IDR 50.000

Total : IDR 605.000nett.

Please take note di sini ya. Harga plus-plus adalah harga yang belum termasuk pajak dan service. Sementara harga nett adalah harga yang sudah termasuk semuanya. Sebagai info saja siapa tahu ada teman-teman yang mau makan atau check-in tapi belum mengerti sistem 21% ini. Dikiranya sudah nett, eh pas mau bayar kok jadi mahal amat.

Mbak Rit, berarti satu kamar yang terjual service-nya cuma IDR 50.000 aja dong? Kan karyawannya 100 orang, itu gimana lagi pembagiannya?

Gampang. IDR 50.000 dibagi aja 100 orang. Jadi masing-masing karyawan akan memperoleh upah senyum cantik ini sebesar 500 perak.

Kedikitan? Hei, tahukah kamu? Service charge karyawan hotel di Bali itu bisa dua kali lipat dari gaji pokok mereka. Ambil contoh hotel sekelas Ayana deh. Service charge mereka konon katanya sampai di atas 7 juta. Itu mah tiga kali lipat dari gaji pokok malah.

Jadi perhitungan di atas cuma gambaran saja, kawan. Semakin tinggi occupancy suatu hotel, maka semakin merdeka hidup karyawan mereka di akhir bulan. So, never underestimate this profession ya, kawan. Because we could be richer than you eventhough we work like a babu. #hasekkk

Omong-omong soal service charge, ada lagi nih yang perlu kalian ketahui. Ada hotel-hotel yang menerapkan kebijakan sistem service charge tidak full alias dibagi. Biasanya sih ini untuk anak-anak baru. Bisa jadi selama 3 bulan pertama service charge yang didapat cuma 25%, 50%, atau bahkan tidak dapat sama sekali karena masih dalam masa probation atau masa percobaan. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa langsung dapat full service di bulan pertama. So, tanyakan pada hotel yang bersangkutan saat kalian interview. Soalnya penting untuk perencanaan keuangan kalian.

Selain basic salary dan service charge, bekerja di hotel kita juga mengenal yang namanya uang tip dan uang komisi.

Tidak perlu dijelaskan lagi dong uang tip itu apa? Semua orang pasti tahulah. Ini sih tergantung seberapa lucky kamu. Yang paling sering kecipratan biasanya anak-anak bell man/concierge. Jangan dilihat tampang mereka tukang angkat barang, tapi kocek mereka penuh euy. Like life’s so much easy gitu.

Lalu, komisi. Seperti namanya, komisi adalah bonus yang berhak diperoleh karyawan setelah berhasil melakukan penjualan. Semacam reward dari hotel karena sudah berhasil menambah pemasukan untuk perusahaan. Biasanya dari spa, room upsell, activities, dll tergantung kebijakan hotel tersebut.

Aku tidak bisa bilang uang ini bersifat mutlak untuk semua hotel. Tidak semua hotel menerapkan sistem komisi. Istilahnya sih serah lu dah mau jualan apa kagak. Kan balik lagi ke pendapatan (service charge) lu bakal berkurang. (Me personally : hotel kayak gini nih yang pengen banget gue pites!)

Besaran komisi ini tergantung dari berapa persenan yang dikasih sama hotel. Dari pengalamanku selama bekerja di hotel yang menerapkan sistem seperti ini, minimal komisi yang diterima itu 7% dan maksimal 15%. So, lumayan kan?

Sebagai penutup, kembali lagi aku mau ingatkan. Sebagai warga Indonesia yang baik, kita diwajibkan untuk bayar pajak. Jadiiii… bersiap-siaplah gaji kalian dipotong ono-ini. Perhitungannya berkebalikan dari service charge di mana semakin tinggi occupancy maka semakin sejahtera karyawannya di akhir bulan. Nah, kalau di pajak, semakin tinggi pendapatan elu, maka makin banyak yang kena potong.

Gak hanya itu, kerja di hotel ada juga yang namanya BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, Jamsostek, dan tunjang ini-itu tergantung (balik lagi) sama kebijakan hotel. Semua di atas bersifat wajib ya, kawan. Dan itu juga dipotong dari gaji kalian.

Sekian dari cuap-cuap aku. Lebih dan kurang bisa dilebih-lebih atau dikurang-kurangin. Komen saja di bawah. I will be happy to share what I know base on my experience. You can contact me on Facebook or Instagram. I am open for disscusion  😊

Thank you and have a nice weekend! ^^

Rita

Iklan

2 thoughts on “Perhitungan Gaji Anak Hotel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s